Header Ads

Cara Memberi Makan Anakan Lovebird (Nyepet) yang Benar

Cara Memberi Makan Anakan Lovebird (Nyepet) yang Benar - Memberi makan anakan lovebird sebenarnya sudah dapat dilakukan oleh induknya sendiri semenjak menetas. Lantas mengapa ada orang / peternak yang melolohkan anak lovebird?

Beginilah alasannya :

Meski indukan lovebird memiliki sifat alamiah berupa meloloh anaknya, namun tak semua berjalan dengan semestinya. Contoh saja induk lovebird menetaskan 5 anak, 3 anak mungkin tercukupi oleh asuhan induknya sedangkan yang 2 lainnya belum tentu. Memang banyak kasus seperti ini, induk tidak dapat berlaku adil, hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu kurangannya pengalaman dan masa perkawinan terlalu muda.

Nyepet Anakan LoveBird - Sumber Foto : http://harunhtc19.blogspot.co.id/

Bagaimana Cara Melolohkan Anak Lovebird Yang Benar?

Catat ya,,,!!! Caranya cukup mudah berikut ini alat dan bahannya :
  1. Suntikan / sped yang ukurannya paling kecil
  2. Bubur apa saja, (bubur bayi SGM, bubur racikan sendiri, bubur serelac ataupun bubur lainnya)

Cara membuatnya cukup mudah, begini :

Cukup campurkan dengan air hangat (semu semu / jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin). Aduk hingga seperti cair lalu sedot ke suntikan. Kemudian beri ke anak lovebird yang bulunya masih tidak ada alias imut-imut tersebut.

Untuk usia yang agak dewasa, sebenarnya sudah bisa memakan biji – bijian, namun terkadang masih membutuhkan bantuan manusia dengan cara yang sama akan tetapi buburnya agak sedikit padat.

Catatan : usia harian : buburnya cair sedangkan usia agak dewasa buburnya agak padat

Langkah Memberi Makan Suapan Yang Baik

Setelah alat dan bahan sudah terbuat dan suntikan sudah terisi penuh, langkah pertama adalah Bersihkan mulut lovebird dengan tisu basah atau tisu yang dibahasi, hal ini berguna untuk membersihkan kuman area mulut.

Suntikan sedikit demi sedikit, berikan jeda waktu untuk anak lovebird menelan. Setelah memberikan asupan pakan ke anak lovebird, juga dibersihkan dengan menggunakan tisu. Pemberian makan menurut usianya, biasanya ketika lahir setiap 3 hingga 4 jam sekali, malam hari juga terkadang harus memberi makan.
BURUNG LOVEBIRD ANAKAN WAKTU DILOLOH MALAH MATI, MENGAPA???

Halo sahabat lovebird mania, gimana kabarnya nih..??? tetap semangat ya beternak lovebirdnya. Nah,,kali ini kita akan mengulas permasalahan pada anakan lovebid yang mudah mati saat diloloh. Seringkali peternak lovebird dihadapkan pada masalah kegagalan (mati) ketika meloloh anakan lovebird. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.
Berikut ini adalah penyebabnya :
  1. Anakan usia baru lahir (tanpa bulu) diberi bubur yang agak padat sehingga menyebabkan pencernaan anakan burung itu mengalami cidera
  2. Terlalu panas dalam membuat bubur anakan
  3. Tidak memberikan jeda ketika meloloh lovebird
  4. Suntik habis pakai tidak pernah dibersihkan
  5. Tidak membersihkan, ketika sesudah mengasupi anakannya, sehingga berantakan di bawah dan mendatangkan kuman.
  6. Penekanan berlebihan ketika mengasupi menyebabkan tersedak
  7. Sarang lovebird untuk anakan tidak pernah diganti, sehingga menjadi sasaran empuk kuman.
  8. Penyesuaian suhu selalu terlupakan, saat dingin / malam beri selimut kecil yang tidak berat dan saat panas biarin di gurami (ataupun bisa menggunakan cahaya lampu)
  9. Anakan tertular penyakit oleh sang induk (bila induk terinfeksi)

Menghangatkan  Merupakan Cara Meloloh Anak Lovebird Agar Tidak Mati. Selamat mencoba dan mempraktekkan ya kawan. (abidin - LovebirdNews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.