Header Ads

Tips Mengatasi Lovebird yang Sangat Galak dan Jarang Ngekek

Tips Mengatasi Lovebird yang Sangat Galak dan Jarang Ngekek - Selamat pagi LovebirdNews mania di seluruh penjuru Nusantara. Pada kesempatan hari ini, mimin akan hadirkan artikel tentang Tips Mengatasi Lovebird yang Sangat Galak dan Jarang Ngekek. Setiap burung atau lovebird pasti memiliki kebiasaan yang tidak sama. Ada yang kalem dan rajin ngekek. Ada yang malas untuk ngekek alias berkicau dan sangat galak. Tentu hal tersebut akan membuat pemilik merasa bingung dan puyeng kepala. Terlebih burung atau lovebird yang dirawatnya tersebut dipelihara untuk masteran (dilombakan).

Lovebird Galak dan Jarang Ngekek | Sumber Foto : http://kli-blog.blogspot.co.id/

Jangan khawatir, karena pada kesempatan ini mimin akan berbagi tips dan cara untuk mengatasi lovebird yang sangat galak dan jarang ngekek seperti yang mimin kutip dari website OmKicau.com berikut ini. Ada 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah lovebird yang galak dan jarang ngekek yaitu :


  • Pertama, untuk mengurangi perilaku agresifnya, mandikan burung lebih sering daripada biasanya, namun sambil tetap memperhatikan kondisi cuaca.
  • Kedua, setelah dimandikan, jemur burung dengan durasi 30 – 60 menit saja. Penjemuran bisa menggunakan kandang umbaran, bisa juga dalam sangkar hariannya. Setelah itu, pindahkan sangkarnya ke tempat yang teduh.
  • Ketiga, pakan utama yang diberikan cukup milet putih. Pakan tambahan seperti jagung dan kangkung bisa diberikan beberapa kali dalam seminggu.
  • Keempat, Sore harinya, setelah dimandikan dan diangin-anginkan, sangkar dikerodong dan burung dibiarkan istirahat.
  • Kelima, Jika diperlukan, pada malam harinya burung bisa menjalani terapi mandi malam, tapi harus memperhatikan kondisi suhu dan cuaca saat itu.
  • Keenam, Untuk burung yang galak dan malas bunyi akibat stres lantaran terlalu lama sendirian, maka obat yang paling mujarab adalah menyediakan teman atau pasangan. Gantungkan saja kedua sangkarnya berdampingan pada malam hari, dan saling berjauhan pada pagi hingga siang harinya, agar burung kembali gacor seperti semula. dan
  • Ketujuh, Jika Anda belum memiliki dana untuk membeli lovebird sebagai teman / pasangannya, sediakan saja mainan dalam sangkarnya.

Demikianlah 7 tips mengatasi lovebird yang galak dan jarang mengeluarkan suara ngekeknya versi OmKicau.com yang dapat Anda praktekkan. Jika kondisinya sudah pulih seperti sediakala, pola perawatan harus mulai lebih diperhatikan terutama dalam hal pemberian pakan, mandi dan jemurnya. 

Apa sih penyebab lovebird menjadi sangat galak dan jarang ngekek?

Perubahan perilaku pada lovebird menjadi galak dan malas berbunyi disebabakan oleh banyak faktor. Sebagian besar terjadi karena beberapa hal seperti kondisi over birahi (OB), penanganan yang kurang tepat (misalnya terlalu berlebihan memberi extra fooding / EF yang bisa meningkatkan birahinya), penjemuran yang terlalu lama, jarang dimandikan, serta burung stres akibat terlalu lama sendirian alias tidak ada pasangan. Semoga artikel yang mimin hadirkan kali ini bermanfaat dan selamat mencoba. (LovebirdNews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.