Header Ads

Cara Beternak Lovebird Secara Koloni bagi Pemula

Cara Beternak Lovebird Secara Koloni bagi Pemula - Beternak Lovebird itu bisa dikatakan susah-susah gampang. Usaha ternak lovebird telah dimulai sejak tahun 2000-an silam karena memang usaha ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, usaha ternak love bird ini semakin bertambah jumlahnya, sehingga berpengaruh terhadap harga jual lovebird di pasaran. 

Cara Beternak Lovebird Secara Koloni bagi Pemula

Cara Beternak lovebird sendiri sebenarnya cukup mudah, berbekal tekad dan kemauan keras Anda dapat mencoba usaha ini. Tentu Anda harus paham betul jenis-jenis lovebird, bagaimana jenis kandang lovebird, cara menjodohkan lovebird dan lainnya. Nah, Dalam postingan ini admin akan share bagaimana Cara Beternak Lovebird Secara Koloni Untuk Pemula.

Lantas, bagaimana cara beternak Lovebird secara koloni bagi pemula ?


Ada beberapa hal yang harus Anda pahami jika Anda ingin terjun di dunia ternak love bird. Dengan cara yang akan kami bagikan ini Anda bisa menghasilkan anakan banyak dengan biaya yang relatif murah.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan beternak lovebird koloni yaitu :

1. Pilih Indukan Lovebird yang siap kawin

Anda harus memilih jenis lovebird yang akan diternak. Yang kami rekomendasikan adalah yang diminati di pasaran, contohnya jenis lovebird jenis kacamata atau klep. Perlu diperhatikan juga bahwa umur dan warna serta panjang ekor lovbird juga berbengaruh pada efisiensi ternak sehingga akan cepat menghasilkan anakan.

2. Cari tahu perbedaan lovebird jantan dan betina

Untuk membedakan lovebird jantan dan betina, Anda bisa melihat perbedaannya secara fisik. Untuk lovebid jantan cirinya adalah selelu berdiri tegak dengan ekor ujungnya yang agak lancip. Ketika diraba terasa kaku dibandingkan dengan betina. Untuk lovebird jantan pilihlah indukan yang sering mengeluarkan bunyi dan selalu menarik perhatian.

Selanjutnya untuk ciri lovebird betina badannya lebih bulat dan berdiri seperti menahan berat badan dan tidak setegak lovebird jantan. Perilakunya pun berbeda dari jantan, lovebird betina tidak banyak tingkah. Ujung ekornya mengotak atau melebar. Untuk indukan betina, pilihlah berdasarkan umur, jika jantan berumur 1 tahun, maka Anda harus memilih betina yang berumur 10 bulan. Dengan cara ini akan mudah dalam proses penjodohan.

3. Persiapkan Kandang Ternak Lovebird

Yang direkomendasikan adalah cara ternak lovebird secara koloni. Sebagai contoh siapkan 3 jantan dengan 5 betina atau perbandingannya sama untuk menggunakan metode ini, Untuk kandang yang direkomendasikan adalah kandang dengan ukuran panjang 2 meter, tinggi 2 meter dan lebar 1,5 meter. Untuk tempat pakan dan minum diletakkan berdekatan dengan kamar untuk bersarang.

4. Tahu bagaimana cara menjodohkan dan mengawinkan Lovebird

Jika kandang sudah selesai dibuat, selanjutnya adalah memasukan indukan jantan terlebih dahulu kedalam kandang. Biarkan lovebird jantan memilih sarang yang mereka sukai. Setelah itu masukan indukan betinanya. Untuk susuhan/sarang alas bisa Anda beli di toko perlengkapan burung terdekat.

5. Perawatan Pasca bertelur

Jika sudah bertelur, setidaknya butuh waktu kurang lebih 18 hari agar telur-telurnya bisa menetas. Sebagai pakan tambahan, Anda bisa memberikan pelet ayam dicampur dengan bubur bayi disamping pemberian milet/jagung. Berdasarkan mitos yang beradar, kita tidak diperkenankan untuk membuka-menutup kandang karena berpengaruh pada proses pengeraman. Namun, nyatanya kita diharuskan untuk mengecek keadaan indukan yang sedang mengerami. Jika indukan terlihat kurang fit, kita bisa memberikan multivitamin dalam ransum pakan untuk menjaga kesehatannya sehingga pengeraman akan berhasil.

6. Penanganan pasca menetas

Pada fase ini Anda perlu berhati-hati, untuk itu biarkan indukan yang merawat anaknya sampai anaknya bisa keluar dari sangkar secara mandiri. Anda harus memberikan pakan tambahan pelet dan bubur bayi kering untuk indukan sebagai bahan lolohan untuk anaknya.

Perlu Anda ketahui bahwa 1 indukan lovebird bisa menghasilkan anakan antara 2-4 ekor burung. Lumayan kan? Nah, untuk burung lovebird yang disapih tetap harus ada makanan lembut karena memang usus mereka belum mampu mencerna biji-bijian kerasa. Anda bisa memberikan jagung muda yang dipasrah kemudian dicampur dengan pelet. Setelah kurang lebih 2 minggu, Anda bisa memberikan milet dan makanan tambahan lain. (LovebirdNews.com)

3 komentar:

  1. wahhh sangat membantu nih.. kebetulan saya ini juga peternak lovebird... thanks infonya..

    www.kananta.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania :D

      Hapus
  2. Lovebird news mantab....
    kelola dengan serius biar manfaat

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.