Header Ads

Lovebird ini Mampu Ngekek 2 Menit di Gantangan, Begini Perawatannya

Lovebird ini Mampu Ngekek 2 Menit di Gantangan, Begini Perawatannya - Sudah pernah melihat sepak terjang Lovebird Shae di lapangan? Mungkin beberapa dari Anda malah belum pernah mendengar kehebatan Lovebird Shae. Sebab, Lovebird ini awalnya memang tidak terkenal. Namun, setelah ngekek panjang dari 10 detik menjadi 2 menit, Lovebird Shae sering menjadi buah bibir. Lovebird Shae termasuk jenis Lovebird Dakocan yang usianya sekitar 1,5 tahun. Lovebird ini masih belum diketahui jenis kelaminnya jantan atau betina. Pasalnya, kalau dilihat dari sisi karakter di lapangan, Lovebird Shae tampak seperti Lovebird jantan. Namun, kata pemilik lama, Lovebird Shae merupakan Lovebird betina.

Lovebird ini Mampu Ngekek 2 Menit di Gantangan, Begini Perawatannya
Sang pemilik Lovebird Shae yang sekarang, yaitu Ari Putra Jagal (Solo) jadi bingung. Meski begitu, dia tidak terlalu mempedulikan masalah kelamin, yang terpenting Lovebird Shae mampu ngekek panjang dari durasi 10 detik menjadi 2 menit lebih. Awalnya Lovebird Shae hanya ngekek 10-25 detik. Setelah dirawat selama 2 bulan, Lovebird Shae mampu ngekek hingga 1-2 menit. Bahkan, Om Ari pernah memantau Lovebird Shae bisa ngekek panjang hingga 2 menit lebih.

Lovebird Shae aku dapat sekitar 7-8 bulan yang lalu dari pinggiran Kota Solo. Pertama dapat durasi Lovebird Shae belum kayak sekarang dulu cuma sekitar 10-25 detik, kepincut sama fighternya dulu. Pas aku pantau di rumah pemilik lama burungnya tarung banget, super fighter volume dan gaya juga istimewa. Cuma waktu itu masih dalam kondisi over birahi. Aku rawat sekitar 2 bulan burung sudah mulai stabil birahinya, harian semakin happy ngekeknya dan makin melar durasinya. Sekarang di rumah pagi siang malam Lovebird Shae ngekek terus. Alhamdulillah durasi sekarang 1 menit – 2 menit bahkan pernah kepantau 2 menit up. Yang jelas sekarang burung Lovebird Shae sudah nyaman dan happy ngekek sesuka hatinya,“ kata Ari Putra Jagal di kediamanya Solo seperti yang dikutip dari Mediabnr.com (26/1/2017).

Perawatan atau settingan Lovebird Shae

Lalu, bagaimana cara membuat Lovebird ngekek durasi panjang seperti Lovebird Shae? Ternyata kunci utama Lovebird Shae ngekek panjang adalah mandi semprot embun.

Jadi, setiap hari Lovebird Shae mandi dua kali, sama seperti masyarakat di Indonesia. Mandi pertama dilakukan pagi hari, kemudian mandi yang kedua dilakukan malam hari.

Settingan harian Lovebird Shae
  • Lovebird Shae dijemur di bawah terik sinar matahari pada pukul 06.30 selama 15 menit.
  • Setelah itu, Lovebird Shae dimandikan dengan cara semprot halus atau embun hingga basah kuyup.
  • Kalau mandinya sudah selesai, Lovebird Shae langsung dimasukkan rumah tanpa dijemur lagi.
  • Lovebird Shae diletakkan di dalam kamar pribadi tanpa kerodong.
  • Pada malam hari pukul 19.00, Lovebird Shae dikeluarkan, kemudian mandi lagi dengan cara disemprot sampai basah kuyup.
  • Selanjutnya, Lovebird Shae dimasukkan ke dalam rumah sambil diberi timun. Pemberian mentimun hanya dilakukan saat Lovebird Shae over birahi (OB).
  • Pakan Lovebird Shae cukup milet putih dan minuman AMB.
Settingan lomba Lovebird Shae
  • H-4, H-3, dan H-2 lomba, Lovebird Shae diberi jagung manis secukupnya untuk menambah energi dan tenaga.
  • Pakan Lovebird Shae sebelum lomba masih milet putih.
  • Jadwal mandi Lovebird Shae mendekati lomba masih sama seperti setingan mandi harian.
  • H-1 lomba, Lovebird Shae diberi kangkung. Biasanya ini dilakukan setelah proses mandi malam selesai.
  • Hari H lomba, setibanya di lapangan, Lovebird Shae dikasih kangkung lagi, tapi sedikit.
  • Sebelum naik gantangan, Lovebird Shae ditrek dulu di bawah sampai emosinya muncul.
  • Lovebird Shae ditrek dengan Lovebird lain yang sudah dipersiapkan dari rumah.
Demikian beberapa perawatan atau settingan Lovebird Shae sebelum ngekek panjang selama 2 menit. Semoga perawatan Lovebird Shae ini bisa juga diterapkan pada Lovebird lainnya. [lovebirdnews]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.