Header Ads

Rutin Mandi Malam, Lovebird Nevada Cetak Quattrick di Piala Kajari Lamongan

Rutin Mandi Malam, Lovebird Nevada Cetak Quattrick di Piala Kajari Lamongan - Selain Lovebird Merdeka, masih banyak lovebird dari Jawa Timur yang juga nggak kalah moncer saat di arena lomba. Sebut saja lovebird itu dengan nama Lovebird Nevada. Lovebird Nevada adalah lovebird yang dimiliki oleh Om Ricoh Suhardani dari Setia SF Lamongan. Salah satu prestasi yang dimiliki oleh Lovebird Nevada yaitu pernah mencetak empat kali juara 1 atau istilahnya quattrick dalam ajang lomba burung regional Piala Kajari Lamongan, pertengahan tahun 2017 lalu.

Logo : Setia SF Lamongan
Seperti yang disampaikan Om Ricoh pada OmKicau.com, Lovebird Nevada menjadi andalan Setia SF. Burung ini acapkali menjadi juara dalam latber, latpres, maupun lomba di wilayah Lamongan dan sekitarnya.

Saat ini Om Ricoh bekerja di BRI Cabang Kota Lamongan. Di sela-sela kesibukannya bekerja, dia bersama adiknya tetap meluangkan waktu untuk menekuni hobi burung kicauan.

“Dalam Setia SF, kami sudah memiliki pembagian tugas. Saya menjadi pemodal saat belanja burung, he… he… Adik saya bertugas merawat dan menggantang burung di lapangan,” jelas Om Ricoh.

Awal mulanya Lovebird Nevada diperoleh Om Ricoh dari Om Mifta (Mifta Bird Shop), rekan sekaligus kerabatnya yang juga penggemar burung. Harganya waktu itu hanya Rp 1 juta. Nevada termasuk lovebird tipe fighter, punya cengkok kasar, dan sangat bertenaga.

Lantas, bagaimana perawatan Lovebird Nevada?

Perawatan lovebird Nevada, menurut Om Afrizal seperti dikutip dari OmKicau.com, relatif mudah. Bahkan tidak ada perbedaan yang mencolok antara perawatan harian dan jelang lomba:
  • Pakan utama berupa milet putih (kiloan) dan canary seed (kiloan).
  • Air minum wajib diganti setiap hari.
  • Penjemuran dilakukan setiap pagi selama 60 menit (pukul 06.00 – 07.00 WIB).
  • Salah satu kunci perawatan Nevada adalah rutin mandi mandi (dengan cara disemprot). Hal ini selalu dijadwalkan pukul 19.00 WIB.
  • Setiap waktu, sangkarnya dalam kondisi full kerodong. Kerodong hanya dibuka tatkala mau lomba saja.
  • Jika burung terlihat over birahi, maka pasangannya dimasukkan dalam satu sangkar sampai birahinya menurun.
  • Pemasteran dilakukan setiap malam hingga pagi (pukul 20.00 – 05.00), menggunakan audio mp3, dengan volume lirih dan materi lagu bebas.
  • Pada hari lomba, sebelum berangkat ke lapangan, lovebird mandi semprot hingga basah kuyup.

Om Ricoh belum berniat menjual lovebird Nevada. Apalagi penawarannya juga belum terlalu tinggi, baru sekitar Rp 10 juta. “Saat ini tidak saya lepas dulu. Biar dipakai adik saya buat ngamen, he.. he.. he..,” tandas Om Ricoh. [lovebirdnews]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.