Header Ads

Setiap Hari di Ruang Gelap, Lovebird Skyblue Moncer di Gantangan

Setiap Hari di Ruang Gelap, Lovebird Skyblue Moncer di Gantangan - Apakah gelap dan terang berpengaruh pada penampilan burung Lovebird di lapangan? Hal tersebut belum diketahui secara pasti karena belum ada penelitiannya. Namun, sebagian besar burung diketahui bisa lebih fokus jika ditempatkan di ruang gelap atau ruang yang minim cahaya, terutama pada saat proses pemasteran. Maka tak heran, sekarang banyak kicau mania yang mengerodong sangkar burungnya saat pemasteran. Sebab, hasil dari proses pemasteran lebih kelihatan daripada burung yang tidak dikerodong. Nah, berbicara tentang masalah ini ternyata ada Lovebird yang selalu tampil maksimal karena dia ditempatkan di ruangan yang gelap.
Setiap Hari di Ruang Gelap, Lovebird Skyblue Moncer di Gantangan
Sebut saja, Lovebird Skyblue milik Om Daniel Joan asal Semarang (Sedulur SF). Lovebird tersebut dibelinya dalam keadaan kurang terawat saat usia 2,5 bulan. Lovebird Skyblue berasal dari trah ngekek panjang. Induk betinanya mempunyai durasi ngekek hingga 90 detik, sementara induk jantan ngekek panjang hingga 50 detik.

Lovebird dimasukkan di ruangan gelap

Pemilik lama mengatakan Lovebird Skyblue sering dimasukkan di kamar belakang rumah tanpa lampu atau dalam kondisi gelap gulita. Dari situ, Om Joan sering memasukkan Lovebird Skyblue ke dalam ruangan yang gelap. Dari perawatan tersebut Lovebird Skyblue mampu ngekek panjang dengan durasi 25-45 detik. Bahkan, dalam kondisi top perfom, Lovebird Skyblue ngekek panjang hingga 13-15 menit dengan jeda 3-4 detik.

Prestasi Lovebird Skyblue

Dengan perawatan atau settingan tadi, Lovebird Skyblue langsung moncer di lapangan. Lovebird ini sering menjuarai berbagai lomba di Semarang dan sekitarnya, termasuk beberapa kali meraih double winner.

Yang paling membanggakan, Lovebird Skyblue pernah meraih juara 3 di kelas utama di Kendal. Juara pertamanya saat itu adalah Lovebird Arnold.

“Lovebird Skyblue juga pernah masuk 10 besar dalam even Three Star PBI Semarang. Saat itu semua lawanya adalah Lovebird konslet. Burung ini juga masuk 10 besar dalam even akbar Valentine Cup di Jogja,” kata Om Joan seperti yang dikutip dari Omkicau.com (21/1/2018).

Kata Om Joan, Lovebird Skyblue pernah mau ditukar dengan sepeda motor Mega Pro tahun 2013, tapi tidak jadi karena Om Joan menolaknya.

Lantas bagaimana perawatan Lovebird Skyblue? Simak perawatannya seperti dikutip dari burungnya.com sebagai berikut :

Perawatan Istimewa Lovebird Skyblue

Tak hanya masuk ruangan gelap, ternyata Lovebird Skyblue juga diberi perawatan yang terbilang istimewa.

Perawatan Lovebird harian (Senin-Rabu)
  • Pakan diberi milet oplosan.
  • Pakan tambahan atau EF berupa jagung manis. Pemberian cukup dua hari sekali (Selasa, Kamis, Sabtu).
  • Air minum harus bersih dan diganti setiap hari.
  • Lovebird Skyblue dimandikan malam hari pukul 18.00, lalu digantang di dekat lampu sampai kering bulunya sekitar 30 menit.
  • Burung Lovebird dikerodong sepanjang hari, kecuali saat proses mandi.
  • Burung Lovebird Skyblue ditempatkan dalam ruangan gelap dan sejuk setiap hari.

Perawatan Lovebird lomba H-3 (Kamis)
  • Perawatan Lovebird disamakan dengan perawatan harian sebelumnya.
  • Mendekati lomba, burung dikasih vitamin cukup 5 tetes saja di tempat minumnya.

Perawatan Lovebird lomba H-2 dan H-1 (Jumat-Sabtu)
  • Perawatan Lovebird disamakan dengan perawatan harian sebelumnya.
  • Burung Lovebird Skyblue dijemur selama 3 menit pada saat pagi hari.

Perawatan Lovebird lomba hari H (Minggu)
  • Perawatan Lovebird disamakan dengan perawatan harian sebelumnya.
  • Kotoran di sangkar dibersihkan.
  • Sebelum naik ke gantangan, Lovebird Skyblue ditempatkan di mobil dalam keadaan AC hidup biar sejuk.
  • Apabila tidak punya mobil, burung bisa dimasukkan ke minimarket yang ada AC-nya.

Demikian perawatan Lovebird Skyblue yang terbilang unik. Jadi, Lovebird harus dimasukkan ruangan gelap setiap hari. Mungkin tujuannya biar sama seperti para pertapa yang mengasingkan diri di goa atau hutan belantara.

Terbukti dari hasil perawatan seperti itu, Lovebird Skyblue mampu memenangkan banyak kejuaraan. Bahkan, Lovebird Skyblue mampu ngekek panjang hingga 15 menit. Tentu ini bukan suatu kebetulan, melainkan kemampuan burung yang patut diapresiasi. [lovebirdnews]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.