Header Ads

Cara Sederhana Menambah Durasi Kerja pada Burung Lovebird

Cara Sederhana Menambah Durasi Kerja pada Burung LovebirdBelakangan, kelas Lovebird dalam setiap event lomba burung berkicau merupakan kelas yang sangat diminati oleh peserta. Bahkan bisa jadi menjadi kelas yang paling ramai dan idola para kicau mania. Terbukti, hampir setiap kelas full gantangan. Perawatannya pun relatif mudah sehingga antusias pecinta burung yang satu ini dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

3 Saudara SF dan team - Pemilik Lovebird Bengawan
Siapa sih yang nggak senang, miliki burung Lovebird dengan durasi kerja maksimal? Semua tentu pasti senang, bahkan lovebird durasi kerja menjadi dambaan setiap penghobi burung yang gemar mengikuti kontes suara. Durasi kerja dalam sebuah perlombaan menempati point pertama pakem penilaian yang diberikan oleh team pengadil alias juri lomba.

Sistem nominasi terbuka yang dikembangkan dan diterapkan Team Juri pada tiap gelarannya semakin memanjakan para kicau mania untuk datang berlomba di event–event lomba burung. Penilaian burung Lovebird di berbagai lomba hingga kini masih mendapat perhatian lebih dari para EO yang menaungi sebuah lomba tersebut, khusus untuk kelas Lovebird, team penilai / Juri yang bertugas dilakukan penambahan personil lebih banyak dibandingkan kelas burung lain yang diperlombakan.

Lantas bagaiman cara mudah menambah durasi kerja pada burung Lovebird?

Yuk, simak pengalaman dari beberapa senior lovebird mania berikut ini.

Pertama, Lakukanlan pengembunan. Proses pengembunan pada burung biasanya dilakukan sekitar pukul 05. 00 WIB atau pada saat terbitnya fajar, pada dasarnya semua jenis burung sangat menyukai waktu di pagi hari sebagai tanda bahwa mereka selamat melewati waktu malam.

Embun pagi ini sangat bermanfaat untuk penapasan burung-burung, karena udara di pagi hari masih bersih dan bebas polusi, kicauan burung pada waktu fajar akan terdengar lebih merdu atau ngeplong, pengembunan juga bisa dilakukan untuk semua jenis burung, seperti Pleci, Trucukan, Murai Batu, Kacer, Cucak Hijau, Pleci, Ciblek dan lain–lain.

Kedua, masukan Burung ke dalam kandang umbaran. Kandang umbaran berfungsi untuk melatih pernafasan pada burung, mencampurkan Lovebird andalan ke dalam kandang umbaran dengan beberapa burung Lovebird yang masih muda untuk melatih mental psikologi, karena burung tersebut akan merasa paling jago atau berkuasa, dibanding burung–burung lainnya yang jauh lebih muda.

Manfaat lain yang diperoleh, kualitas suara yang dimiliki burung–burung muda semakin terasah karena setiap hari mendengarkan master (burung andalan yang kita miliki dijadikan master bagi burung–burung lain yang masih muda). Ukuran kandang umbaran sebaiknya disesuaikan dengan kebiasaan selama ini atau seadanya tidak ada patokan untuk ukuran kandang tersebut.

Ketiga, lakukanlah Terapi Mandi Malam. Terapi mandi malam dapat menyebabkan burung menjadi lebih gacor karena kondisi birahi lebih terkontrol, mandi malam juga bisa dilakukan untuk burung yang mengalami Over Birahi (OB) yang ditandai dengan ngleper, burung terlihat seperti mengawini pangkringan, burung sering mencabuti bulu–bulunya sendiri, hingga burung jarang bunyi alias mlempem.

Waktu yang tepat untuk melakukan terapi mandi malam yaitu antara pukul 21.00–23.00 WIB atau sesuaikan dengan waktu luang masing–masing, mengenai tata caranya bisa disesuaikan dengan kebiasaan selama ini, misalnya dengan cara semprot halus/kasar atau dengan menggunakan keramba. Perhatian dan perlu diingat, terapi mandi malam hanya diperuntukan untuk burung yang sehat atau fit saja.

Sahabat LovebirdNews bisa menerapkan langkah–langkah di atas untuk perawatan burung kesayangan di rumah masing-masing, langkah pertama sebelum menerapkan tentunya harus disesuaikan dengan karakter masing–masing burung yang akan kita rawat. Karena pada dasarnya karakter yang dimiliki burung 1 dengan yang lain itu berbeda–beda, tidak ada burung jawara yang tidak dirawat dengan sungguh–sungguh.

Jika info LovebirdNews.com ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kicau mania lainnya ya sahabat LovebirdNews. Terima kasih dan sukses selalu. [lovebirdnews]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.