Header Ads

Kisah Sukses Breeding Lovebird Trah Juara Anakan Ngekek 70 Detik Milik Om Jacky

Kisah Sukses Breeding Lovebird Trah Juara Anakan Ngekek 70 Detik Milik Om Jacky - Untuk menghasilkan anakan lovebird yang berkualitas tinggi, yang perlu diperhatikan adalah indukan yang akan dijadikan sumber produksinya. Jadi nggak boleh lovebird sembarangan yang digunakan, setidaknya lovebird yang akan dijadikan indukan itu pernah meraih prestasi dan juara lomba di gantangan, baik itu di tingkat latber lokal, regional maupun nasional.

Kisah Sukses Breeding Lovebird Trah Juara Anakan Ngekek 70 Detik Milik Om Jacky
Melalui indukan prestasi itu, tentu anakan yang dihasilkan pun akan serupa dengan induknya. Bukan mustahil, ketika anakannya dilombakan akan mengikuti jejak induknya mengukir prestasi di gantangan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Om Jacky dari Dlanggu Mojokerto. Dengan mengandalkan indukan lovebird trah juara, Om Jacky berhasil mencetak anakan lovebird trah juara. Anakan lovebird dari kandangnya pun berhasil mengukir juara dalam latber, latpres dan lomba nasional.

Hasil anakan lovebird produksi kandang Om Jacky rata-rata memiliki warna yang menawan dan kemampuan ngekek panjang. Meskipun saat ini sebagian besar adalah berjenis hijau standar, tapi ngekeknya rata-rata panjang.

Menurut pengamatan Jacky, seluruh anakan yang dihasilkan di kandang breeding-nya dengan umur 2 bulan saja, rata-rata mampu ngekek panjang selama 40 – 70 detik. Sementara itu indukan lovebird yang bernama Lovebird Samurai, Sinden Gending dan lainnya anakannya mampu ngekek antara 80 – 90 detik. Diperkirakan seluruh anakan ketika dewasa nantinya mampu ngekek panjang serupa induknya dengan durasi 80 – 90 detik.

“Selama menekuni breeding love bird, induk jantan maupun betina yang saya gunakan selalu memiliki trah juara agar anakan yang dilahirkan juga potensi merebut juara dengan indikasi ngekeknya panjang. Dan prediksi itu benar-benar nyata karena sejumlah anakannya ketika berlomba, mampu merebut juara pula ,” ucap Jacky yang disampaikan kepada burungnews.com

Tahapan Breeding Lovebird Trah Juara milik Om Jacky

Breeding lovebird “trah juara” yang dilakukan Om Jacky menggunakan dua tahapan. Tahap pertama adalah pencarian jodoh di kandang koloni. Kemudian tahap kedua memasukkan sepasang lovebird yang telah jodoh ke dalam kandang baterai. Induk jantan dan betina yang akan dijodohkan syaratnya harus trah juara. Pejantan minimal berumur 1 tahun dan betinanya berumur 2 tahun karena sudah birahi.

Pada tahap pertama disiapkan kandang koloni dengan ukuran panjang 2 meter, tinggi 1 meter dan lebar 50 cm. Di dalam kandang itu dimasukkan 1 pejantan dan 5 betina yang sudah berumur.

“Biarkan seluruh love bird berada di dalam kandang koloni itu sampai pejantan menemukan jodohnya atau memilih salah satu betina dari 5 betina yang disiapkan,” terang Om Jacky sambil memasarkan anakan hasil breedingnya di Surabaya tepatnya di Jl. Rungkut Lor Gg. 9 No. 24 Rungkut Surabaya.

Waktu untuk berjodoh pun tergantung kondisinya. Kadang setelah 1 – 2 minggu burung-burung itu dimasukkan ke dalam kandang koloni, pejantan sudah berjodoh dengan satu betina dari 5 betina yang disiapkan. Ciri-ciri jantan dan betina yang sudah berjodoh adalah keduanya saling bersamaan dan berbunyi bersahut-sahutan. Keduanya juga cenderung menjauh dari 4 betina yang bukan menjadi pilihan pejantan tadi. Kalau dipastikan lovebird itu berjodoh, maka saatnya memasuki tahap kedua yakni sepasang lovebird tadi dimasukkan ke dalam kandang baterai.

Oh ya, tertarik memiliki anakan hasil kandang Om Jacky? Agar nggak salah, anakan hasil breeding Om Jacky diberi 3 jenis ring masing-masing Ring Jacky, Ring Sinden dan Double Ring dengan spesifakasi harga sebagai berikut :

  • Ring Jacky : Indukan sudah teruji dan meraih prestasi di arena lomba burung tingkat latber. Harga : Berkisar antara Rp. 800 ribu sampai Rp. 1 Juta.
  • Ring Sinden : Indukan sudah teruji dan meraih prestasi di arena lomba burung tingkat latpres. Harga : Berkisar antara Rp. 1 Juta sampa Rp. 1,5 Juta.
  • Ring Double : sudah teruji dan meraih prestasi di arena lomba burung tingkat latber, latpres, regional dan nasioanal. Harga : Berkisar antara Rp. 1,5 Juta sampai Rp. 2 Juta.
Untuk harga anakan terbaik dari ketiga Ring milik Jacky, (Ring Jacky. Ring Sinden. Ring Double) dibandrol Rp. 2 Juta sampai Rp. 2,5 Juta.

Jika info LovebirdNews.com ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kicau mania lainnya ya sahabat LovebirdNews. Terima kasih dan sukses selalu. [lovebirdnews]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.