Header Ads

Cara Memilih Indukan untuk Ternak Lovebird yang Tepat dan Berkualitas

Cara Memilih Indukan untuk Ternak Lovebird yang Tepat dan Berkualitas - Tahu nggak, di dunia ini ada burung yang terkenal romantis dan setia lho. Mau tahu? Burung itu adalah burung lovebird. Sepasang burung lovebird itu akan selalu berdekatan dan tidak akan berganti pasangan sampai salah satu diantaranya mati. Burung dengan ciri berparuh bengkok, dan berbulu warna-warni terang ini bisa dijadikan pajangan yang memikat mata. 

Cara Memilih Indukan untuk Ternak Lovebird yang Tepat dan Berkualitas
Kelebihan lainnya, cara perawatan dan pemeliharaannya pun terbilang sangatlah mudah, tahan segala cuaca, serta harganya bervariasi dari yang murah sampai mahal sekali. Namun jangan salah, justru hal itu tak menyurutkan orang untuk menangkarnya dan menjadikan ternak burung lovebird sebagai bisnis.

Untuk menangkarkan burung lovebird, ada hal penting yang perlu diperhatikan yaitu memilih indukannya. Indukan yang dipilih haruslah yang benar-benar unggul untuk dikembangbiakkan. 

Untuk mendapatkan keturunan yang berkualiatas, pilihlah indukan yang berkualitas pula. Indukan yang membawa gen jelek tidak sesuai untuk diternakkan, karena akan menurunkan gen jelek tersebut. 

Nah, berikut ini cara memilih indukan untuk ternak Lovebird yang tepat dan berkualitas.

a. Pilihlah jenis Lovebird terbaik

Di Indonesia, jenis Lovebird sangatlah beragam diantaranya ada Lovebird Leher Kuning, Lovebird Black Collared, Lovebird Madagaskar, Lovebird Muka Salem, Lovebird Fischery, Lovebird Biola, dan Lovebird Topeng.

Pemilihan jenis Lovebird untuk indukan tergantung pada selera masing-masing. Jika Anda ingin menghasilkan banyak keuntungan, maka pilihlah jenis Lovebird yang paling mahal.

b. Pilihlah Lovebird dari usianya

Untuk ternak Lovebird, pilihlah burung yang berusia kurang lebih 1 tahun. Usahakan agar usia Lovebird jantan lebih tua dari usia betinanya. Cara ini dilakukan agar pejantan lebih mendominasi ketika dalam proses perkawinan.

c. Pilihlah Lovebird yang sehat

Untuk kriteria selanjutnya yaitu lovebird yang akan dijadikan indukan harus sehat. Perhatikanlah beberapa bagian tubuh burung, terutama matanya. Lovebird yang benar-benar sehat, tidak mempunyai gangguan pada mata, semisal snot atau penyakit Lovebird yang lain. Kemudian kakinya, pastikan dalam keadaan sehat dan tidak lumpuh. Kaki burung juga harus kuat dan masih dapat mencengkeram dengan erat.

Perhatikan juga kondisi tubuhnya, burung yang sakit biasanya terdapat tanda-tanda seperti tubuh gemetaran, kepala botak, nafas yang tersengal-sengal, kurang aktif bergerak, dan dada terlihat membusung.

d. Pilihlah lovebird yang gemar berkicau

Jika induk lovebird gemar berkicau, kemungkinan besar anakan yang dihasilkan juga demikian. Pandai berkicau atau ngekek panjang juga salah satu daya tarik burung untuk dipelihara sebagai penyeri kediaman, selain bentuk dan warnanya yang cantik.

Demikianlah cara memilih indukan untuk ternak Lovebird yang tepat dan berkualitas. Jika Anda baru memulai memelihara lovebird, gunakanlah metode di atas. Terakhir, hal yang perlu diingat adalah indukan Lovebird berkualitas sangat menentukan kualitas anakan yang dihasilkan. Semoga hasil ternak lovebird yang Anda tekuni menghasilkan dan lumintu. Amiin

Jika info LovebirdNews.com ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kicau mania lainnya ya sahabat LovebirdNews. Terima kasih dan sukses selalu. [lovebirdnews]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.