Header Ads

Dongkrak Stamina dan Napas Panjang Lovebird dengan Terapi Lovebird Mandi Kering

Dongkrak Stamina dan Napas Panjang Lovebird dengan Terapi Lovebird Mandi Kering - Apa kabar sahabat LovebirdNews sekalian? Pada kesempatan ini mimin akan berbagi tips perawatan untuk mendongkrak stamina dan napas panjang lovebird. Seperti apa tipsnya?

Dongkrak Stamina dan Napas Panjang Lovebird dengan Terapi Lovebird Mandi Kering -  Foto : @ryansempol
Perawatan yang diperhatikan kicau mania dalam merawat lovebird andalannya biasanya meliputi: pakan, minum, suara masteran dan vitamin. Sebenarnya masih ada satu terapi dan latihan yang perlu dilakukan agar lovebird semakin gacor dan ngekek panjang di arena lomba, apa itu?.

Kicau mania menyebutnya dengan Terapi MKMK Lovebird

Berbicara mengenai terapi lovebird, setahun yang lalu pernah ada terapi mandi kering mandi kering yang dipopulerkan oleh Rudy Hartono di Facebook. Dia menyebutnya terapi MKMK Lovebird atau terapi Mandi Kering Mandi Kering Lovebird.

Lantas, apa saja manfaat Terapi MKMK bagi lovebird?

Secara gars besar, inilah manfaatnya :

Mengembalikan stamina Lovebird
Mendongkrak stamina Lovebird
Membuat napas Lovebird lebih panjang
Mengatasi Lovebird kurang gacor
Mengatasi Lovebird ngekek pendek-pendek
Membuat Lovebird rajin ngekek panjang

Ya, jika lovebird sudah mempunyai napas yang panjang, otomatis lovebird akan kuat ngekek panjang ngedur hingga beberapa sesi lomba.



Cara Menerapkan Terapi MKMK Lovebird

Sesuai namanya, terapi ini mengharuskan lovebird mandi sejak pagi hingga siang hari. Namun, dalam proses mandi diberi jeda untuk mengeringkan atau proses penjemuran Lovebird. Agar lebih jelas, simak penjelasan Terapi MKMK Lovebird berikut:

Lovebird dimandikan hingga basah kuyup mulai pukul 07.00 pagi.
Setelah basah, Lovebird dijemur sampai kering.
Kalau sudah kering, Lovebird dimandikan lagi sampai basah.
Lalu, dikeringkan lagi dengan cara dijemur.
Begitu seterusnya dengan durasi waktu mulai pukul 07.00 – 10.00 pagi. Jangan sampai melewati jam 10.00 pagi karena sinar matahari sudah cukup panas.
Saat terapi MKMK, Lovebird tidak diberi pakan dan minum.
Setelah melewati pukul 10.00 pagi, Lovebird baru boleh diberi pakan dan minum. Disarankan, pakan Lovebird berupa sayuran yang alami sampai sore.
Untuk malam hari, pukul 20.00 malam, Lovebird disemprot embun kemudian dikerodong sampai pagi.
Terapi MKMK bisa dilakukan selama seminggu sampai Lovebird mampu mengembalikan staminanya dan mulai ngekek panjang. Namun, jika Anda bekerja dan tidak mempunyai waktu untuk melakukan terapi Lovebird, lebih dilakukan seminggu sekali pada akhir pekan.

Diberi Asupan berupa Sayur Rica-rica

Pakan Lovebird yang baik untuk terapi MKMK adalah sayuran. Nah, Om Rudy Hartono juga memberikan resep sayur rica-rica yang ternyata campuran dari berbagai jenis sayuran. Seperti apa resepnya?

Ini dia Resep Sayuran Rica-rica untuk Lovebird

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bayam
Kangkung
Wortel
Jagung
Brokoli
Kubis
Bunga Kol
Krokot

Cara membuat ramuan Lovebird Sayur Rica-rica:

Semua bahan sayur di atas dicincang halus, kemudian dicampur jadi satu.
Lebih baik dicincang secara manual dengan pisau, jangan memakai blender nanti malah jadi jus sayuran.
Setelah halus, berikan pakan sayuran Rica-rica ke Lovebird mulai pukul 10.00 pagi sampai 18.00 sore.
Kalau sudah melewati jam 18.00 sore, sayur Rica-rica dibuang.
Pemberian sayuran Rica-rica disarankan selama 3 hari pertama saat terapi MKMK.
Jika Lovebird sudah mengalami peningkatan stamina dan sudah terdengar gacor serta ngekek panjang, maka pemberian sayuran Rica-rica dikurangi menjadi dua kali seminggu atau seminggu sekali.

CATATAN :

Pertama kali, biasanya Lovebird tidak mau makan sayur karena sudah terbiasa makan milet atau sejenisnya. Oleh karena itu, biasakan saja nanti lama kelamaan Lovebird juga mau makan sayur.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui tipe Lovebird Anda, basah atau kering. Sebab, hal ini juga berdampak pada keberhasilan terapi MKMK. Jika Lovebird Anda tipe basah atau dingin tentu akan lebih mudah menjalani terapi MKMK.

Namun, jika Lovebird Anda tipe kering atau panas, pastinya cukup sulit menjalani terapi MKMK karena Lovebird tidak suka dimandikan. Untuk mengetahui Lovebird Anda tipe basah atau kering, Anda bisa membaca artikel 12 Perbedaan Lovebird Tipe Panas dan Lovebird Tipe Dingin.

Sebenarnya terapi MKMK masih bisa dilakukan pada Lovebird tipe kering atau tipe panas. Namun, karena terapi MKMK mengharuskan lebih sering mandi sampai basah, kemungkinan Lovebird tersebut tidak menyukainya. Demikian terapi Lovebird mandi kering untuk mendongkrak stamina dan membuat napas Lovebird panjang. Saat melakukan terapi (MKMK) Mandi Kering Mandi Kering, perhatikan pula cuacanya.

Sebaiknya, jangan melakukan terapi MKMK di musim penghujan karena akan sulit mendapatkan sinar matahari, akibatnya Lovebird kedinginan dan masuk angin. Kalau musim hujan, Anda bisa menggunakan terapi mandi air hujan agar Lovebird tetap sehat dan tidak merasa tersiksa dengan terapi yang Anda berikan.

Intinya, terapi Lovebird harus membuat Lovebird nyaman dan menikmatinya. Sebab, terapi ini juga untuk membuat Lovebird lebih sehat, fit, gacor, dan ngekek panjang. Jika Lovebird terlihat resah dan tersiksa saat menjalani suatu terapi, lebih baik dihentikan dulu dan jangan dipaksakan. 

Jika info LovebirdNews.com ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kicau mania lainnya ya sahabat LovebirdNews. Terima kasih dan sukses selalu untuk kita semua. [lovebirdnews]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.